Rabu, 16 Maret 2011

Keutamaan BASMALLAH.

Rasulullah SAW. bersabda: “Tiada seorang hambapun mengucapkan ‘BISMILLAHHIRRAHMANNIRRAHIM” kecuali ALLAH SWT. perintahkan para malaikat yang bertugas mencatat amal manusia untuk mencatat dalam buku induknya empat ratus (400) kebaikan.” Subhanallah.

Basmallah sebuah kalimat yang tidak asing bagi seorang muslim. Basmallah diucapkan ketika akan memulai setiap perkara yang bermanfaat. Rasulullah bersabda, “Setiap perkara yang tidak dimulai dengan BISMILLAH (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah), maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan-Nya.”

Syekh Muhd.Abdul berkata didalam tafsirnya : “Al-Qur’an itu Imam dan ikutan kita,karena itu Al-Qur’an dimulai dengan kalimat ini,yaitu dengan BISMILLAH  Itu satu petunjuk bagi kita agar sekalian perbuatan kita dimulai dengan membaca Bismillah.”

Dzikir kalimat basmalah ini mengandung keutamaan, diantaranya sebagai berikut:

Dilindungi Allah dari gangguan Jin dan Setan

Dan sabda Rasulullah: “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca BISMILLAH.”

“Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: “Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.” Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: “Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.” Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka ia berkata:”Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam”

Dilindungi Allah dari gangguan orang yang bermaksud jahat

Ketika Khalid bin Walid tertimpa kebimbangan, mereka berkata kepadanya, “Berhati-hatilah dengan racun, jangan sampai orang asing memberikan minum padamu,” maka ia berkata, “berikanlah kepadaku,” dan ia pun mengambil dengan tangannya dan membaca: “BISMILLAH,” lalu ia meminumnya. Maka sedikitpun tidak memberikan bahaya kepadanya.

Hadist tersebut diatas memperjelas betapa pentingnya mengucapkan basmallah ketika akan memulai suatu pekerjaan sehari-hari yang bersifat positif. Selain khasiat diatas, Basmallah dapat memberikan berbagai manfaat lain bagi kita (keilmuan saya ambil dari berbagai kitab, dan saya sertakan juga sebagian pengamalan nyata setelah mengamalkannya).

Dan diantara khasiat 'BASMALLAH" dan 'LA HAU LAWALA QHU WATAILLA BILLAHI ALIYIL AZIM" maka ia dihindarkan daripada tujuh puluh musibah diluar keperihatinan, kesusahan, penyakit akal dan sulit mengingat.

Makna-makna yang terkandung dalam kalimat BISMILLAH dirangkum dalam huruf Ba nya, makna yang terkandung dalam huruf Ba adalah “Olehku telah terjadi sesuatu yang telah terjadi dan olehku akan terjadi sesuatu yang akan terjadi”

Sebagian Ulama menambahkan, makna yang terkandung dalam huruf Ba di rangkum lagi dalam titik pada huruf Ba dan titik itu satu, menunjukan bahwa Allah Swt adalah satu, tidak ada bilangannya.

Dan jumlah huruf BISMILLAH yang tertera adalah 19 huruf dan jumlah penjaga neraka pun sama sebanyak 19 Malaikat penjaga, Sebagaimana firman Allah Swt : “Di atas neraka terdapat 19 malaikat penjaga” (QS. Al-Mudatsir 30)

Ibnu Masud berkata, Barang siapa meginginkan agar Allah melindunginya dari Malaikat Zabaniyyah sang penjaga neraka maka hendaknya sering membaca BISMILLAH, agar Allah menjadikan setiap huruf BISMILLAH sebagai benteng penghalang dari api neraka.

Diriwayatkan, bahwasanya apabila ahli sorga hendak memasuki sorga, mereka akan mengucapkan : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah yang menjadikan kami harus membenarkan janji Nya, Dia yang menjadikan bumi sebagai tempat kami berpijak, agar kami mempersiapkan diri memasuki sorga dari pintu manapun kami masuk, sebaik-baiknya pahala dari segenap alam”.

Dan apabila ahli neraka hendak memasuki neraka, mereka pada mengucapkan : “Tuhan kami tidaklah berbuat jahat kepada kami, akan tetapi kamilah yang berbuat jahat terhadap diri kami sendiri”.

Diantara faidah atau manfaat BISMILLAH adalah bahwasanya pada BISMILLAH terdapat 4 kalimah (kata), yaitu sebagai berikut :

Kalimah Bismi ( بسم )

Kalimah Allahi ( الله )

Kalimah Arrohmani ( الرحمن )

Kalimah Arrohiimi ( الرحيم )

Dan dosa pun terbagi 4 bagian, yaitu : Dosa di waktu malam, Dosa di waktu siang, Dosa secara sembunyi dan Dosa secara terang-terangan

Barangsiapa membaca BISMILLAH secara tulus ikhlas maka Allah mengampuni segala dosa-dosanya, Allah Maha mengetahui segalanya.

Membaca BISMILLAH cukup dengan kalimat BISMILLAH saja namun apa bila di tambah dengan Arrohman Arrohiim maka itu lebih baik.

Dalam hadits riwayat Muslim Nabi Saw bersabda : “Sesungguhnya Syetan masuk pada makanan yang tidak di bacakan nama Allah pada makanan itu”.

Dalam kitab Al-Hishnil Hashin di terangkan bahwa di suatu kesempatan Baginda Nabi Saw di tanya para sahabat :

Sahabat Ya Rasulullah sesungguhnya kami baru saja makan akan tetapi kami tidak merasa kenyang

Rasulullah Mungkin kamu semua makannya secara terpisah ?

Sahabat Betul, ya Rosulullah

Rasulullah Berjamaahlah untuk makanmu dan sebutlah BISMILLAH niscaya makanmu di berkahkan.

HIKAYAT MUKJIZAT BISMILLAH

★ Dihikayatkan, ada Syetan gemuk bertemu Syetan kurus, kemudian si gemuk bertanya pada si kurus ;

Si syetan Gemuk Hai kawan apa yang membuatmu kurus?

Si syetan Kurus Aku bernasib sial, karena aku berada di samping manusia yang apa bila dia masuk ke rumah dia baca BISMILLAH, apabila mau makan dia baca BISMILLAH hingga aku tidak dapat mengikutinya akhirnya aku menjadi kurus karenanya.

Si syetan Gemuk Sungguh aku beruntung, berada di samping manusia yang tidak tahu apa-apa dari hal demikian, maka aku dapat mengikutinya dalam makan, berpakaian, bersenggama kemudian aku dapat menaiki pundaknya seperti menunggang kuda.

Yang memberikan pertanda kebenaran akan hikayat tersebut adalah hadits riwayat Abu Daud da At-Turmudzi, Baginda Nabi Muhammad Saw bersabda : “Apa bila diantara kamu memulai makan maka sebutlah nama Allah apa bila kamu lupa tida menyebutnya di permulaan makan maka ucapkanlah”:

بِسْمِ اللهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

artinya :

“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

★ Dahulu ada sepasang suami istri, tetapi di kedua belah pihak ada perbeadaan. Si istri adalah seorang yang takwa, di setiap hari pekerjaannya tidak pernah meninggalkan bacaan basmalah, entah kenapa ! itulah yang selalu diamalkan oleh sang istri, tetapi sang suami malah sebaliknya tidak dia adalah seorang yang keras kepala, tidak bersyukur mempunyai istrinya yang taqwa, suatu saat sang suami ingin menguji kepada istrinya ! wahai istriku aku ingin menitipkan sesuatu kepadamu maukah engkau menyimpannya ! baik suamiku aku akan menjaganya ! tapi aku mohon jangan sampai titipanku ini engkau hilangkankan, sampai engkau menghilangkannya aku akan menghukum engkau ! ya suamiku.
Diberilah sekantong uang dinar terbuat dari emas, lalu sang suami menyuruh simpan uang ini dilaci almari . seketika itu sang istri menyimpannya dengan membaca bismillahirrohmanirrohim. Suatu ketika sang suami mempunyai niat buruk diambillah uang tadi lalu dimasukkan dalam sumur yang sangat dalam. Sang suami bertanaya kepada istrinya. ! wahai istriku dimanakah uang yang aku beri waktu lalu apakah engkau masih menyimpannya. Ya suamiku aku masih menaruhnya didalam laci. sang suami senyum sinis merasa sudah diceburkan kedalam sumur, tolong ambil sekarang aku mau tahu ! baik suamiku. dibukalah laci tadi dengan mengucapkan bismillah. seketika itu malaikat turun mengambil uang yang ada di dalam sumur dengan cepatnya malaikat menaruhnya didalam laci. setelah dibuka diambillah uang tadi oleh sang istri diberikanlah kepada suami. ! dengan kagetnya sang suami, merasa dirinya bersalah bersimpulah sang suami kepada istrinya dia menangis dan ingin bertaubat ingin menjadi suami yang shaleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar